Runner-up Piala AFF 2016, Timnas Indonesia Sudah Membanggakan

Timnas Indonesia gagal merebut gelar juara di turnamen sepakbola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) Piala AFF 2016 untuk pertama kalinya, setelah kalah dari juara bertahan Thailand dengan agregat 2-3 di partai final. 

Timnas Indonesia sebenarnya memiliki peluang tampil sebagai juara setelah dipertandingan leg pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12) lalu, berhasil mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2-1. Namun, dipertandingan leg kedua Indonesia takluk 0-2 dari Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12) malam WIB.

Walau gagal tampil sebagai juara, kita sepatutnyalah memberi apresiasi lebih untuk Timnas Indonesia. Sebab, di kejuaraan ini, Indonesia sebelumnya tidak diperhitungkan dan tidak diunggulkan. Meskipun tidak diunggulkan, pada kenyataannya Timnas Indonesia mampu menembus partai final setelah berhasil menumbangkan beberapa tim yang lebih diunggulkan.
final piala aff 2016 leg kedua 2
Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di babak final Piala AFF 2016 leg kedua

Perjalanan Timnas Indonesia Hingga Final

Perjalanan Indonesia hingga mampu tampil di partai puncak sangatlah diluar prediksi banyak pihak. Sempat terseok-seok di dua pertandingan di babak penyisihan grup dengan hasil kalah dari Thailand dan imbang dengan tuan rumah Filipina, namun dipertandingan terakhir skuad Garuda mampu menyingkirkan Singapura yang lebih diunggulkan untuk melaju ke babak semifinal.

Di babak semifinal pun, hasil yang diraih Timnas Indonesia sungguh diluar dugaan. Walau tampil tidak meyakinkan, namun skuad Merah Putih mampu menyingkirkan Vietnam. Faktor keberuntungan mungkin lebih berpihak ke Timnas Indonesia. Sebab, dari segi penampilan, bisa dikatakan penampilan skuad arahan pelatih Alfred Riedl ini jauh dari harapan.

Umpatan, caci maki, mungkin banyak yang keluar dari mulut para pendukung kala menyaksikan penampilan Indonesia kala menghadapi Vietnam di babak semifinal. Namun, hasil berkata lain. Indonesia berhasil melenggang ke partai final setelah berhasil mengalahkan Vietnam dengan agregat 4-3.

Penampilan Indonesia di babak final kala menghadapi Thailand juga tidak mengalami perubahan. Walau terus tampil tertekan pada pertandingan pertama, akan tetapi Indonesia mampu memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1. Namun, di leg kedua, Thailand lebih perkasa dan membuat Timnas Indonesia tidak berkutik kala bermain dihadapan pendukung lawan dan Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 0-2.

Walau hanya mampu tampil sebagai runner-up di Piala AFF 2016 ini, kita juga patut berbangga hati lantaran skuad Timnas Indonesia telah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka agar mampu memberikan prestasi yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Baca juga: Lagu Indonesia Bertema Sepakbola

Kedepan, masih banyak yang harus dibenahi agar Timnas Indonesia mampu mempersembahkan prestasi lebih baik lagi. Jayalah Timnas Indonesia. Ukirlah prestasi yang lebih baik.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes