Arsip

Makan Bajamba di HJK Bukittinggi 2016

Advertisemen
Beberapa hari kedepan, tepatnya tanggal 22 Desember 2016, Kota Bukittinggi akan memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi. Berbagai macam acara dan kegiatan akan digelar Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi untuk memeriahkan Hari Jadi Kota yang ke-232 tersebut.

Salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HJK Bukittinggi adalah dengan menggelar Makan Bajamba yang acaranya sendiri akan dilaksanakan di pelataran objek wisata Jam Gadang yang terletak di pusat kota. 

Makan Bajamba merupakan salah satu tradisi unik di masyarakat Minangkabau (Sumatera Barat) yang diwariskan turun-temurun dari nenek moyang sejak dahulu. Tradisi ini biasanya sering dilakukan pada acara-acara atau pesta adat.
Makan Bajamba
Makan Bajamba
Makan Bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan dengan cara bersama-sama yang makanannya terdiri dari nasi beserta lauk pauk lengkap diletakkan didalam sebuah wadah seperti pinggang atau nampan besar. Cara makan seperti ini mirip sekali dengan kebiasaan makan bersama di zaman Rasulullah SAW.

Untuk acara Makan Bajamba pada Hari Jadi Kota Bukittinggi ini, rencananya akan digelar pada tanggal 20 Desember 2016.

Pada kegiatan acara Makan Bajamba nanti, makanan yang akan disajikan untuk dimakan bersama adalah makanan khas Minang yang nantinya akan dimasak secara bersama-sama di tiap-tiap Kelurahan yang ada di Kota Bukittinggi. 

Pemerintah Kota Bukittinggi berharap dengan diadakannya tradisi Makan Bajamba ini bisa menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi. Apalagi, acara ini bertepatan dengan libur nasional, libur sekolah dan tahun baru. Dimana, disaat tersebut Bukittinggi selalu ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari seputaran Sumatera Barat maupun luar Sumatera Barat.

Acara ini sendiri dibuka untuk umum, dan semua masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi acara ini bisa bisa bergabung dan menikmati Makan Bajamba secara gratis.

Acara Makan Bajamba ini sebenarnya telah sering dilakukan pada acara Hari Jadi Kota Bukittinggi di tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk tahun ini agak sedikit berbeda lantaran masyarakat umum dan wisatawan dapat berpartisipasi dalam acara ini.

Bagi anda yang berasal dari luar Sumatera Barat dan kebetulan sedang berkunjung atau berlibur di Kota Bukittinggi pada tanggal 20 Desember nanti, tidak ada salahnya bergabung di acara ini, agar bisa lebih mengenal salah satu tradisi unik ini.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 CCB - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger