Ampiang Dadiah, Kuliner Khas Sumatera Barat

Selain menawarkan wisata alam yang indah yang dipadukan dengan wisata sejarah yang sampai saat ini masih terjaga, Sumatera Barat juga menawarkan berbagai macan kuliner-kuliner menarik yang membuat para wisatawan yang berkunjung menjadi penasaran. 
Ampiang Dadiah
Kalau makanan seperti Rendang, Sate Padang ataupun Lamang, sepertinya sudah sangat lazim dijumpai diberbagai daerah di Sumatera Barat. Namun, ada beberapa kuliner khas lainnya yang sepertinya sangat jarang dan terkadang sangat sulit ditemukan, salah satunya adalah kuliner khas Bukittinggi, Ampiang Dadiah.

Ampiang Dadiah merupakan makanan selingan atau kudapan yang terbuat dari ampiang atau dalam bahasa Indonesia nya Emping yang terbuat dari beras ketan plus Dadiah yang disiram dengan gula merah atau gula aren yang sudah dicarikan ditambah dengan campuran parutan kelapa.

Untuk proses pembuatan bahan ampiang sendiri sangatlah sederhana, yakni beras ketan yang baru masak dan masih panas, kemudian langsung ditumbuk hingga pipih.

Sementara bahan lainnya, yakni Dadiah, merupakan susu yang difermantasikan secara alami. Yang uniknya dari pembuatan dadiah adalah bahan utama susu yang digunakan dalam proses fermentasi ini bukanlah susu sapi, melainkan susu kerbau.

Untuk proses pembuatann Dadiah, susu kerbau yang baru diperah kemudian dimasukan kedalam bambu yang sudah dipotong-potong, lalu ditutup dengan daun pisang dan kemudian difermentasikan secara alami yang memakan waktu selama sekitar dua hingga tiga hari.

Setelah proses selesai, maka susu fermentasi tersebut akan berubah bentuk menjadi padat seperti krim atau istilah saat ini mirip-mirip dengan yogurt. 

Untuk Dadiah sendiri, dipercaya memiliki berbagai macam khasiat, diantaranya adalah menambah stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu, Dadiah dipercaya bisa menambah daya vitalitas kaum pria.

Untuk kesehatan, Dadiah dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan untuk kesehatan jantung.

Walaupun memiliki beberapa khasiat, Dadiah dianjurkan untuk tidak dikonsumsi berlebihan. Sebab bisa berdampak kurang baik, terutama bagi yang menderita hipertensi dan tekanan darah tinggi.

Jika anda berkunjung ke Bukitinggi, dan ingin mencoba kuliner khas ini, anda bisa mencoba kuliner khas ini di daerah sekitar Pasar Atas tidak jauh dari Taman Jam Gadang. Untuk harga per satu porsi, sekitar 15.000 Rupiah.

Selain bisa dinikmati langsung, Ampiang Dadiah juga bisa anda beli sebagai oleh-oleh untuk anda bawa pulang.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes