Taman Ngarai Maaram Bukit Apit Kota Bukittinggi

Kota Bukittinggi merupakan salah satu tujuan para wisatawan jika berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Bukittinggi banyak diincar wisatawan karena merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang memiliki berbagai macam wisata yang menarik untuk dinikmati. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak lagi yang merupakan andalan kota Bukittinggi untuk menarik wisatawan untuk berkunjung.

Kalau untuk ikon wisata kota Bukittinggi sendiri, sebagian besar para wisatawan mungkin telah banyak yang tahu, yakni Jam Gadang. Selain itu masih ada lagi objek-objek wisata lainnya seperti Taman Panorama Lubang Jepang, Rumah Kelahiran Bung Hatta, Istana Bung Hatta, Monumen Bung Hatta, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dan masih banyak lagi dan sepertinya tidak akan habisnya jika disebut satu persatu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu objek wisata yang bisa dikatakan baru di Kota Bukittinggi, karena memang baru dua tahun lalu dibuka dan diresmikan, yakni Taman Wisata Ngarai Maaram Bukit Apit Kota Bukittinggi.
Taman Ngarai Maaram

Kenapa taman ini disebut dengan Ngarai Maaram? 

Ngarai merupakan lembah yang memiliki tebing-tebing terjal  tegak lurus dan sangat curam. Sedangkan Maaram erupakan dari bahasa Minangkabau yang dalam bahasa Indonesia berarti runtuh atau longsor secara bersamaan dalam waktu singkat, dan biasanya terjadi disebabkan oleh gempa.

Tanah yang runtuh akibat longsor tersebut dinamakan tanah Maaram.

Jadi Ngarai Maaram adalah tanah dari ngarai yang runtuh akibat longsor ke permukaan tanah. 

Lokasi Taman 

Taman Ngarai Maaram terletak di Jalan A Rivai Kota Bukittinggi, tepatnya di belakang kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi atau bersebelahan dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi dan tepat di bibir ngarai. 

Dari pusat kota atau Jam Gadang, hanya berjarak sekitar satu kilometer lebih, dan jika anda ingin ke Taman Maaram dari pusat kota namun anda tidak memiliki kendaraan, anda bisa menumpangi angkutan kota dan naik dari perempatan simpang DPRD Kota Bukittinggi dengan ongkos hanya tiga ribu Rupiah per orang. 

Konsep Taman 

Taman ini dibangun dengan menggunakan konsep taman terbuka atau Ruang Terbuka Hijau yang dilengkapi dengan fasilitas tempat bermain anak-anak dan cocok sekali untuk berwisata bersama keluarga. Selain itu, taman ini juga rindang.

Taman ini juga dilengkapi dengan pentas terbuka untuk pertunjukan lengkap dengan  tempat duduk penonton dengan konsep bundar.

Di bibir ngarai juga dilengkapi dengan jembatan berkerangka besi untuk memudahkan para pengunjung menikmati indahnya pemandangan Ngarai Sianok. 

Kekurangan

Namun sayang, khusus untuk kondisi jembatan, agak kurang terawat dan mulai terlihat kerusakan pada papan-papan untuk lantai dan pelindung jembatan dan tentunya bisa membahayakan penunjung yang ingin menggunakannya.

Selain itu, jika kita pertama kali masuk kawasan ini. Kita akan melihat pemandangan tulisan Ngarai Maaram yang kehilangan huruf N (seperti pada gambar), sehingga tulisannya menjadi "Garai Maaram"

Kondisi ini  sepertinya harus menjadi perhatian khusus Pemko Bukittinggi terutama Dinas Pariwisata, agar kekurangan-kekurangan yang terlihat di kawasan ini bisa diperbaiki, supaya para pengunjung PUAS berkunjung kesini.

Itulah Sekilas tentang Taman Wisata Ngarai Maaram Kota Bukittinggi, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang suatu saat nanti ingin berkunjung ke Kota Bukittinggi.


Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes