ANIME dan KARTUN, Berbeda atau Sama?

Anime dan kartun, sebenarnya banyak orang yang tidak memperdulikan apa sih beda dan kesamaan keduanya. Kebanyakan orang menilai, anime dan kartun sama karena sama-sama animasi. Kalau menurut anda bagaimana?

Akhir pekan lalu, saya berkunjung ke rumah salah seorang teman saya dan kebetulan saat tiba di rumahnya,  saya melihat ia sedang asyik menonton film Anime.Terus, disaat ia sedang asyik menonton, melintaslah seorang remaja didekat kami yang masih kerabat teman saya dan ia berceloteh "Udah tua kok nonton film kartun".

Teman saya tidak terima dengan perkataan tersebut dan mengatakan bahwa Anime dan Kartun berbeda. Kemudian terbersit dipikiran saya, emang Anime dan Kartu berbeda? kan sama-sama animasi.

Kemudian dikarenakan penasaran, saya pun bertanya dengan teman saya yang pencinta anime tersebut. Emang beda? Ya iya lah.... Ia menjelaskan bahwa anime banyak disukai oleh orang dewasa sementara kartun kebanyakan hanya disukai anak-anak.

Anime dan Kartun
Karakter Anime
Banyak orang-orang dewasa menyukai anime lantaran kebanyakan tokoh atau karakter utamanya dan ceritanya yang kebanyakan mengisahkan tentang hal-hal romantis, action, fantasi dan lainnya. Sementara kartun, kebanyakan tokoh atau karakter utamanya berasal dari selain manusia seperti hewan atau binatang dan lainnya. Selain itu, cerita dari kartun kebanyakan menceritakan hal-hal yang konyol dan lucu dan itu membuat kartun banyak disukai anak-anak.

Pengertian Anime dan Kartun

Anime dan Kartu sebenarnya memiliki kesamaan dalam pengertian atau definisinya, yakni sama-sama animasi. Apa itu animasi? Animasi adalah gambar tidak bergerak yang kemudian diolah hingga menjadi bergerak atau bahasa kekiniannya Film Animasi.

Anime

Anime berasal dari Jepang yang kata utamanya sebenarnya berasal dari bahasa Inggris "Animation". Orang-orang Jepang menyebut Amination menjadi anime lantaran ujung kata dihilangkan. Kata animation (baca: animesyen), dihilangkan tion (baca: syen), jadi disebut anime karena tidak ribet dalam pengucapannya.

Kartun

Sementara Kartun (Cartoon) merupakan cara orang-orang Amerika ataupun Eropa atau para bule-bule dalam mengucapkan film animasi.

Jadi, dari segi pengertiannya baik Anime maupun Kartun adalah sama. Yang membedakannya adalah anime dibuat atau berasal dari Jepang. Sedangkan kartun, dibuat atau berasal dari luar Jepang.

Selain itu, yang jadi pembeda antara keduanya adalah alur ceritanya. Kalau anime, kebanyakan diperankan oleh tokoh atau karakter utamanya manusia dan kebanyakan menceritakan kisah-kisah serius yang bernuansa romantis, action, fantasi dan lainnya seperti kisah-kisah di film yang sesungguhnya, dan kebanyakan tokoh atau karakter Anime dibuat sesempurna mungkin, dan itu membuat Anime banyak disukai orang-orang dewasa.

Sementara kartun, kebanyakan alur ceritanya mengisahkan hal-hal yang lucu dan konyol, ditambah dengan karakter-karakter selain manusia, membuat kartun banyak disukai anak-anak. Walaupun diperankan oleh karakter utamanya manusia, kartun tetap menonjolkan aksi-aksi lucu dan konyol.

Demikianlah artikel tentang Anime dan Kartun dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 comment :

  1. Jadi intinya anime itu kartun?
    Cuma berasal dari jepang?

    ReplyDelete

Copyright © CCB. Designed by OddThemes