Tarusan Kamang nan Eksotis, Antara Danau dan Padang Rumput

Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki berbagai macam keindahan. Mulai dari keindahan baharinya, hingga keindahan alam seperti danau, gunung dan hamparan perbukitan. Salah satu keindahan alam yang dimiliki Sumatera Barat adalah Tarusan Kamang.

Tarusan Kamang merupakan salah satu objek wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini terbilang unik, dikarenakan memiliki misteri yang tersembunyi, yakni memiliki pemandangan alam yang berbeda. Disuatu ketika kawasan ini adalah danau, dan kemudian bisa menjadi padang rumput hijau nan indah. Karena fenomena unik inilah membuat banyak orang penasaran dan ingin mengunjungi objek wisata ini.

Lokasi Tarusan Kamang

Objek wisata Tarusan Kamang terletak di sebelah utara kota Bukittinggi tepatnya di Kanagarian Kamang Mudik, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju ke kawasan wisata ini, jika kita berangkat dari kota Bukittinggi, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua puluh menit dengan berkendaraan.

Tarusan Kamang
Tarusan Kamang (foto: bro Robbie Junior)
Namun jika anda ingin berkunjung kesini dan tidak memiliki kendaraan, anda bisa menyewa ojek dengan ongkos yang relatif terjangkau. Selain itu, untuk menuju kesini anda juga bisa menaiki angkot pedesaan dari terminal Aur Kuning Bukittinggi.

Bagaimana fenomena di Tarusan Kamang ini bisa terjadi?

Tarusan Kamang berada di kaki Bukit Barisan dan termasuk zona patahan Sumatera bagian timur. Dari keterangan beberapa para ahli yang telah melakukan penelitian disini beberapa tahun lalu, salah satu penyebab kenapa air bisa datang dan menjadi danau dan kemudian bisa mengering menjadi padang rumput yang indah, dikarenakan daerah ini berhubungan dengan sungai dibawah tanah yang berada dikedalaman tebing perbukitan batu gamping di bagian timur dan selatan danau. Proses keluarnya air ini terjadi melalui celah-celah bebatuan yang memiliki diameter sekitar 50 centimeter.

Menurut masyarakat sekitar, proses keluarnya air dari celah-celah bebatuan tersebut terjadi seperti suara air mendidih. Proses ini berlangsung beberapa waktu hingga kawasan ini dipenuhi air dan menjadi danau. Tidak bisa diprediksi sampai berapa lama daerah ini manjadi danau dan kemudian kembali mengering menjadi padang rumput.

Pemandangan indah lainnya yang bisa anda nikmati di Tarusan Kamang

Selain menampilkan pemandangan unik antara danau dan padang rumput hijau, daerah ini juga memiliki gua-gua aktif disekitar kaki perbukitan bebatuan. Di masa lampau, gua yang berada disekitan perbukitan ini digunakan sebagai tempat persembunyian. Selain itu, latar belakang Tarusan Kamang juga memiliki pemandangan yang sangat indah.

Dikarenakan kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, masyarakat sekitar memanfaatkan daerah ini untuk mencari rezeki seperti berjualan, mengelola tempat parkir dan menyediakan rakit untuk para pengunjung yang ingin menyeberang ke pulau kecil (pulau beringin) yang ada ditengah danau.

2 comments :

  1. kirain "terusan" kaya terusan zues, ternyata tarusan...macam danau gitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya danau, dan yang terkadang bisa berubah menjadi padang rumput

      Delete

Copyright © CCB. Designed by OddThemes