Rindu Lihat Timnas Indonesia Main Akhirnya Terobati

Setahun sudah sejak tahun 2015 lalu, kita tidak lagi bisa menyaksikan pertandingan sepakbola Timnas Indonesia dipentas internasional lantaran induk sepakbola Indonesia terkena suspend dari FIFA dikarenakan campur tangan pemerintah di Sepakbola nasional.

Namun malam ini, rindu tersebut akhirnya terlampiaskan setelah Timnas Indonesia kembali bermain dipentas internasional. Walau hanya sekelas laga uji coba, cukuplah untuk mengobati rindu akan hiburan sepakbola.

Pada laga internasional yang disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta tersebut, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas tim tetangga Malaysia



Saya sendiri yang hanya bisa menonton via siaran langsung televisi bersama teman-teman merasa puas dengan penampilan Timnas dipertandingan tersebut.

Terbesit pertanyaan di hati saya usai menyaksikan pertandingan tersebut. Inikah kebangkitan sepakbola Indonesia dipentas internasional?

Jika diukur dari penampilan anak-anak asuh Alfred Riedl tersebut, Apakah Timnas kita sudah bisa dikatakan seimbang dengan tim-tim tangguh di kawasan Asia Tenggara lainnya? Apalagi kali ini, kemenangan telak diraih dari Timnas Malaysia, yang merupakan finalis diajang Piala AFF dua tahun silam.

Namun kemenangan telak ini belum bisa dijadikan ukuran untuk Timnas kita. Sebab ini baru sebatas laga uji coba. Malaysia sendiri juga tampil dengan tidak menurunkan tim terbaiknya.

Masih banyak yang harus dibenahi tim pelatih agar penampilan Timnas semakin baik. Pada pertandingan kontra Malaysia tadi, lini depan skuad utama sudah sangat menjanjikan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah lini belakang yang sering kedodoran dan melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

Mungkin ini hanya baru sebatas skuad bayangan saja. Para pemain-pemain pelapis pun masih tampak grogi saat tampil tadi. Mungkin lantaran dari mereka ada yang baru melakukan debut. Jam terbang para pemain-pemain muda pun harus ditambah untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Ujian utama untuk Timnas Indonesia di ajang internasional baru akan didapat pada bulan November - Desember mendatang, yakni di Piala AFF 2016 yang akan berlangsung di dua negara, Filipina dan Myanmar.

Indonesia sendiri pada Piala AFF kali ini tergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina, juara bertahan Thailand dan Singapura.

Akankah Timnas Indonesia mampu mempersembahkan prestasi terbaik diajang ini pasca absen diajang sepakbola internasional sejak setahun lalu?

Indonesia 3-0 Malaysia
Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah
Pencetak gol: Boaz Solossa (6' dan 21') Irfan Bachdim (11')

foto: pssi. org

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes