Pengalaman Pribadi Saya di Dunia Tulis-menulis

Bagi sebagian orang di belahan bumi ini yang punya hobi menulis di dunia maya, biasanya hasil karya tulis mereka ditumpahkan kedalam wadah yang biasa kita sebut BLOG.

Dari pengertiannya, Blog adalah sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada halaman sebuah web. Sedangkan kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan blog biasa disebut dengan Ngeblog.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari ngeblog, selain kita bisa mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan (bagi yang hobi menulis) atau karya-karya lainnya, dengan ngeblog kita juga bisa mendapatkan penghasilan.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya khususnya di dunia tulis-menulis saja.

Tentang blog, sebenarnya sudah saya kenal sejak tujuh tahun silam.

Berawal dari hobi baca-baca artikel di dunia maya, saya menemukan beberapa artikel yang membahas tentang blog dan membuat saya penasaran. Saya juga sudah lupa apa nama beberapa link blog yang baca tersebut.
foto ilustrasi
Dengan keterbatasan pengetahuan, saya pun langsung mencoba mendaftarkan blog melalui akun Google saya. Setelah berhasil mendaftar dan punya blog sendiri, saya pun mempelajari tentang blog yang hanya saya dapatkan dari artikel-artikel hasil browsing di internet.

Waktu itu, saya hanya mengenal dua blog, yaitu Blogger dan wp. Setelah saya pelajari, saya pun memutuskan untuk memakai wp walau sangat banyak sekali keterbatasannya.

Ketertarikan saya pada dunia blog pada saat itu hanya sekedar mengisi tulisan-tulisan saja dan belum ada kearah komersil. Maklum dikarenakan tinggal di kota kecil, membuat tidak ada tempat bertanya langsung perihal tentang ngeblog. Dikarenakan hanya mengandalkan artikel-artikel hasil browsing saja, membuat saya kesulitan untuk mengembangkan blog saya.

Blog saya pun hanya berisikan tulisan-tulisan yang kebetulan isinya hanyalah tentang hobi saya saja.

Seiring waktu, setelah empat tahun berjalan, ternyata blog yang saya kelola mendapat respon yang sangat baik dari pengunjung dan membuat blog saya rata-rata bisa mendatangkan 10.000 pengunjung per harinya.

"Emang kalau rezeki itu datangnya dari arah yang tak diduga-duga," begitulah perumpamaannya untuk saya.

Pertengahan tiga tahun silam, tiba-tiba ada seorang blogger yang menawarkan blog saya untuk dijual. Dikarenakan saya yang terlalu minim pengetahuan tentang blog dan mendengar tawaran dari sang pembeli yang bisa dikatakan dengan harga lumayan, akhirnya blog kesayangan saya terjual.

Setelah blog terjual,  saya pun mencoba untuk membangun blog lagi.

Namun disaat sedang asyik-asyiknya membangun blog baru, saya kembali "ketiban durian runtuh", yakni mendapat tawaran untuk menulis di salah satu blog (walaupun bisa dikatakan penghasilannya tidak seberapa). Tanpa pikir panjang, saya pun langsung menerima tawaran tersebut (Kalau dipikir-pikir, menulis di blog sendiri hanya sekedar melepas hobi, dan menulis di blog orang kita mendapat bayaran).

Dari hasil menulis, awalnya sih tidak seberapa. Mungkin benar kata pepatah "Berakit-rakit ke hulu berenang-renag ketepian". Hingga akhirnya setelah berjalan satu tahun lebih trafik blog tempat saya mengisi tulisan semakin membaik dan bisa mendatangkan rata-rata 30.000 pengunjung per hari (Pada saat itu, views sangat menentukan bayaran saya). Hal tersebut membuat bayaran saya dari menulis terdongkrak, bisa dibilang besarannya sama dengan UMP DKI Jakarta saat ini.

Mendapat penghasilan yang lumayan tentunya membuat hati saya senang. Namun itu tidak bertahan lama. Pada awal tahun lalu, dikarenakan permasalahan periklanan di wp, membuat para juragan-juragan di wp terkena imbasnya dan akhirnya merembet ke saya sebagai penulis.

Walaupun begitu, sang pemilik blog tetap mempercayakan saya untuk mengisi tulisan-tulisan saya di blognya, walaupun dengan bayaran kembali ke awal.

Dikarenakan prospek jasa menulis sepertinya tidak menjanjikan lagi, saya pun berfikir untuk kembali mempelajari blog, khususnya di Blogger (Blogspot) - ("Walaupun sudah terlambat, namun bagi saya tidak ada kata terlambat").

Berselancar di dunia maya mencari artikel-artikel menarik seputar blog, membuat saya penasaran dengan yang namanya Google Adsense. Dari banyak artikel yang saya baca, sepertinya para blogger-blogger yang berhubungan dengan Adsense sangat beruntung dan saya pun ingin rasanya seperti mereka para blogger-blogger yang bisa menikmati penghasilan dari Adsense.

Saat itu, hanya satu tekad saya, yakni ingin mempelajari dan mengenal lebih mendalam lagi tentang blog, agar suatu saat nanti bisa berjodoh dengan Google Adsense.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes