Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016, Sumbar dan NTB Sabet Empat Penghargaan

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia bersama dengan Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (HP3H) telah mengumumkan pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, pada Rabu (21/09) lalu. Dari lima belas kategori penghargaan, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali berhasil mendominasi.

Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat berhasil memboyong empat penghargaan pada kompetisi kali ini. Sedangkan Aceh berhasil mendapatkan tiga penghargaan. Sementara empat penghargaan lainnya diraih Bali, DKI Jakarta dan Jawa Barat dengan dua penghargaan.

Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016

Sumatera Barat dengan empat penghargaan yang diraihnya masing-masing dengan kategori Biro Perjalanan Wisata Terbaik 2016 yang diraih Ero Tour, Destinasi Wisata Halal Terbaik 2016, Destinasi Kuliner Terbaik 2016, dan Restoran Halal Terbaik 2016 yang diraih Rumah Makan Lamun Ombak Padang.

Baca juga: Wisata Sumatera Barat, Bukan Sekedar Bukittinggi

Nusa Tenggara Barat yang pada tahun 2015 lalu berhasil menyabet tiga penghargaan tingkat dunia di ajang World Halal Tourism Award (WHTA), juga berhasil menyabet empat penghargaan pada penganugrahan kali ini, masing-masing di kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 yang diraih Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah), Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016, dan Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 yang diraih WonderfulLombokSumbawa .com.

Sementara Aceh yang berhasil meraih tiga penghargaan, masing-masing di kategori Airport Ramah Wisatawan Terbaik 2016 yang diraih Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016, dan Daya Tarik Wisatawan Terbaik 2016 untuk Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Untuk empat penghargaan lainnya, untuk kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 disabet The Radhana Hotel Kuta, Bali, untuk kategori Operator Umrah dan Haji Terbaik 2016 diraih ESQ Tour & Travel Jakarta Selatan, kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik 2016 diraih Kantin Salman ITB Bandung (Jawa Barat), dan untuk kategori Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 diraih Botani Square Bogor (Jawa Barat).

Penilaian dari juri untuk para peraih penghargaan di kompetisi ini dinilai dari tiga aspek, Tiga aspek inilah yang menjadi penentu dari nominasi untuk voting, yakni wisata alam, wisaata buatan dan wisata budaya.

Pemenang kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 ini nantinya akan menjadi wakil Indonesia di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang pendaftarannya akan dimulai pada bulan Oktober 2016. Sementara untuk pengumuman peraih award di ajang ini akan diumumkan pada bulan Desember 2016 mendatang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Namun tidak semua pemenang kompetisi ini yang akan diikutkan di ajang WHTA 2016. Untuk tiga pemenang kategori kuliner hanya akan dipromosikan secara nasional.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes