Cara Submit SITEMAP atau Peta Situs ke Google Webmaster Tools

Bagi anda yang memiliki blog, salah satu hal yang pastinya akan anda lakukan setelah selesai membuat blog adalah ingin memantau kinerja blog kita. Salah satu tempat jika kita ingin memantau kinerja blog kita adalah dengan menghubungkan akun blog atau situs kita ke akun Google Webmaster tools.

Salah satu fitur yang bisa kita gunakan di Google Webmaster tools adalah SITEMAP atau peta situs

SITEMAP atau peta situs adalah salah satu file dalam format xml yang fungsinya adalah untuk mempermudah kita dalam mengenal peta situs.

Dengan sitemap anda langsung bisa memantau kinerja blog atau situs anda diantaranya adalah anda bisa melihat berapa banyak backlink yang masuk pada situs atau blog anda. Sitemap juga berguna agar setiap posting yang kita buat akan mudah terindex di halaman mesin pencarian (search engine).

Selain itu, anda juga bisa memantau jika terjadi kesalahan-kesalahan atau error pada blog dan kita juga bisa memantau alur pengunjung.

Beberapa langkah untuk anda submit SITEMAP ke Google Webmaster tools adalah

Yang pertama tentunya anda terlebih dahulu masuk (sign in) ke Google Webmaster Tools. Jika sebelumnya blog anda belum terdaftar, silahkan terlebih dahulu mendaftarkan blog anda di Google Webmaster tools.



Setelah selesai mendaftarkan blog anda, selanjutnya klik blog yang sudah anda daftarkan dan anda akan masuk ke dashboard.


Setelah itu, pada menu dashboard anda, klik Crawl dan pilih sitemaps





Selanjutnya klik ADD/TEST SITEMAP yang berada di sudut kanan. Kemudian tambahkan sitemap.xml pada kotak yang kosong yang telah tersedia di sebelah nama blog anda dan selanjutnya adalah klik submit yang berwarna biru.





Setelah selesai, selanjutnya silahkan refresh browser anda dan untuk proses selanjutnya, semua posting kita di blog akan di index Google dalam waktu 1x24 jam.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua

3 comments :

Copyright © CCB. Designed by OddThemes