Sejarah Internet

sejarah internet
Gambar ilustrasi
Saat ini, internet tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari, karena begitu mudah diakses. Apalagi dengan adanya android atau smartphone, membuat kita semakin mudah mengakses internet.

Internet berasal dari bahasa Inggris yang memiliki kepanjangan Interconnection-networking yang merupakan sebuah media komunikasi dari jaringan komputer yang memungkinkan interaksi yang lebih baik dan lebih luas dimana didalamnya terdapat berbagai informasi atau data yang terhubung ke seluruh dunia. 

Sejarah internet

Sejarah Internet bermula dari riset yang dibentuk oleh Depertemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. 

Melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana perangkat hardware dan software bisa melakukan komunikasi dari jarak yang tidak terhingga melalui saluran telpon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Depertemen Pertanahan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan.

Secara umum ARPANET di perkenalkan pada Oktober 1972, dan kemudian berkembang pesat di seluruh daerah, dan kemudian semua Universitas di negara tersebut. Sehingga membuat ARPANET kesulitan mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas.

Gabungan kedua jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes