Cara Mengetahui Besar VGA di Komputer

Mungkin sebagian dari anda banyak yang bingung ketika di tanya mengenai besar VGA di PC/komputer yang anda gunakan. VGA atau kepanjangannya Video Graphics Array adalah sebuah hardwere atau perangkat keras di PC/Komputer yang fungsinya adalah untuk menampilkan format data yang terlihat di monitor.

Untuk jenisnya sendiri, VGA terbagi dalam dua tipe Onboard dan Addon. Untuk Onboard merupakan versi lama yang terpasang pada motherboard. Saat ini versi ini sudah sangat jarang kita jumpai, karena saat ini kebanyakan PC/komputer memakai tipe Addon yang merupakan VGA tambahan yang dipasang terpisah dari motherboard.

Khusus untuk penggunaan VGA di warnet-warnet, VGA merupakan salah satu ujung tombak PC, apalagi seperti warnet-warnet yang dikelola seperti game center yang setiap harinya hanya diisi pelanggan yang datang khusus untuk bermain game. Hardwere ini sangatlah diperlukan agar pelanggan puas dengan kualitas video atau gambar pada game yang digunakan.

Nah, bagi anda yang telah memakai tambahan VGA pada PC atau komputer anda namun anda bingung ketika ditanya berapa besaran atau kapasitas VGA milik anda, ada beberapa cara untuk mengetahui kapasitas memori yang dimiliki VGA di komputer anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu cara untuk mengetahui kapasitas VGA dengan cara cek DirectX Diagnostic. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengetahui besar VGA di komputer anda dengan metode cek DirectX Diagnostic Tool:
  • Langkah pertama adalah dengan mengklik menu START pada layar desktop anda yang kemudian dilanjutkan dengan mengklik Run, jika run tidak muncul, anda tinggal menekan tombol bergambar logo microsoft +  R pada keyboard komputer anda.
  • Setelah kotak run muncul, ketik "dxdiag" pada kotak run, dan kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar nomor 2. Setelah itu pilih "display" yang terdapat pada baris ketiga seperti pada gambar yang dilingkar.
  • Setelah mengklik display maka akan terbuka tampilan seperti pada gambar nomor 3 dan anda akan langsung mengetahui berapa besar atau kapasitas VGA di komputer anda pada baris ke kelima kolom pertama yang bertuliskan Approx. Total Memory:

Cara mengetahui besar atau kapasitas VGA seperti cara diatas adalah cek kapasitas VGA dengan DirectX Diagnostic Tool

Mudah bukan? selamat mencoba...

Demikian artikel tentang Cara Mengetahui Besar atau Kapasitas VGA di Komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi saya pribadi sebagai penulis.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes